Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin - Kalimantan Selatan | Media Informasi & Transpransi Peradilan Agama Kalimantan Selatan

Statistik

Jumlah Pengunjung :
650370
Pengunjung Hari Ini :
311
User Online :
7
Terakhir Update :
19-09-2014

Pendapat Anda

Sindikasi Berita
badilag.net BANJARMASINPOST.co.id
Administrator Web
Pencarian


  • Web
  • PTA Banjarmasin
  • Pilih Bahasa

    Kalender Hijriah

    Senin
    27
    Zulqaidah
    1435 H
    Situs Pilihan

    Aplikasi Online

    hitung waris online

    legislasi.gif

    legislasi.gif

    rkakl-online.png

    rkakl-online.png

    sai-online.png

    sikep.png

    portal perkara

    Interaktif PTA

    ptwp link_mari.gif

    Aplikasi Perpustakaan online

    Sosial Network

     

    PA Kotabaru, Semangat Baru Menempati Kantor Baru

     

     

    Gedung Baru

     

    Teriring doa dan harapan, mulai hari Senin (18/3) Pengadilan Agama (PA) Kotabaru pindah ke kantor yang baru. Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 2.000 M2 itu tampak megah dan berwibawa. Lokasinya juga strategis dan berdekatan dengan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru. Meski mengambil lokasi jauh dari kota, rencananya ke depan sepanjang wilayah itu akan dijadikan pusat perkantoran.

     

    Foto Seluruh Pegawai

     

    “Saat ini kantor PA Kotabaru terletak di Jalan Raya Stagen KM 10, RT 2, Desa Stagen, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru”, tegas Ketua PA Kotabaru, Drs. H. Bakhtiar, MH. Jadi surat menyurat dari PA lain harap dialamatkan ke kantor baru.

     

     

    Foto Para Hakim

     

    Kepada masyarakat pencari keadilan harap maklum. Berpindahnya PA Kotabaru ke kantor yang baru dengan maksud memberikan pelayanan lebih maksimal. Sebab, kantor yang lama di Jalan Jambrut I Kotabaru, kurang representatif dan kerap menjadi lalulintas banjir. Sehingga keamanan berkas dan peralatan kantor kurang terjamin. Kantor PA Kotabaru sekarang memiliki tiga ruang sidang dan masing-masing mengambil nama kholifah. Ruang Sidang Utama diberi nama Umar ibn Khattab. Ketika masyarakat pencari keadilan masuk ke gedung kantor melalui pintu utama, pandangan mata pasti langsung tertuju ke ruangan itu.  Sedangkan Ruang Sidang I dan II terletak di belakang, masing-masing bernama Ustman ibn Affan dan  Ali ibn Abi Thalib.

     

    Ruang Sidang Utama

     

    Jadi bagi masyarakat yang akan menghadiri sidang telah disediakan ruang tunggu yang nyaman di belakang. Nuansanya juga natural karena menyatu dengan alam. Jika pagi menjelang, Gunung Bamega yang menjadi ikon Kabupaten Kotabaru menampakkan keperkasaannya dengan paras berselimut mega. Ini anugerah Tuhan, dengan harapan masyarakat yang datang dengan sejuta persoalan, bisa menghilangkan kepenatan hidup.  

     

    Ketika di kantor yang lama, masyarakat pencari keadilan membayar panjar biaya perkara langsung ke bank yang tak jauh dari kantor. Karena di kantor baru jauh dari bank dan harus menempuh 10 kilometer menuju pusat kota, Ketua PA Kotabaru bekerjasama dengan pimpinan cabang BRI Kotabaru untuk membuka loket pelayanan pembayaran panjar biaya perkara di kantor. “Ini untuk memudahkan masyarakat pencari keadilan”, tutur Bakhtiar. Bahkan rencananya tak lama lagi di dekat kantor akan dibangun anjungan tunai mandiri BRI, sehingga warga sekitar terbantu jika ingin melakukan transaksi perbankan. 

     

     

    Ruang Mediasi

     

    Sejak sebulan lalu persiapan telah dilakukan oleh segenap keluarga besar PA Kotabaru. Kerja keras mereka memindahkan barang-barang dari kantor yang lama sangat dihargai. Meski halaman kantor belum dihijaukan dengan hiasan taman, mereka  bekerja keras mengatur ruang pelayanan; mulai dari meja informasi, loket pendaftaran, ruang tunggu sidang, hingga ruang mediasi yang jauh dari nuansa formal. “Ruang mediasi kita setting menyerupai ruang tamu keluarga, sehingga para pihak merasa lebih santai menjalani upaya damai”, ujar Panitera/Sekretaris, Drs. Masduki.

     

    Ketua PA Kotabaru dalam amanahnya pada apel pagi mengatakan, gedung baru harus membawa semangat baru. Semangat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat tanpa terkecuali.

    Total akses : 463